Thursday, August 30, 2012

Tips dan Trik membangun rumah murah meriah


بِسْــــــــــــــــمِ ﷲِ

Tips dan trik membangun rumah ini adalah hasil pengalaman pribadi yang pernah saya alami. Bagi para browser terutama yang sudah berkeluarga tentu berkeinginan memiliki rumah sendiri, apalagi masih tinggal sama mertua plus mertuanya suka marah-marah lagi. Tentu kondisi ini membuat anda merasa berat menjalani hidup. kepingin beli rumah tapi uang tidak cukup, ingin membangun rumah apalagi.

Nah berikut tips bagi anda yang memiliki dana terbatas, tetapi mengharapkan bisa punya rumah sendiri. dengan catatan sudah memiliki sebidang tanah. kalau belum memiliki tanah maka targetkan dana yang anda kumpulkan untuk beli tanah, kalau anda sudah memiliki sebidang tanah, mari ikuti tips dan trik saya berikut.


  1. Buat rancangan bangunan rumah anda seluas mungkin.( ya tentunya masih dalam batas area tanah anda, walaupun dana yang ada tidak mencukupi). karena kalau bangunannya kecil, di kemudian hari anda akan mengeluarkan dana yang lebih besar ketika mau menambah ruangan. tetapi jika anda sudah merasa cukup dengan kebutuhan anda maka tidak masalah.
  2. Jangan mentargetkan bangunan cepat jadi. karena itu akan memaksa anda untuk memiliki dana yang besar. cukup targetkan perbagian saja. misalkan pondasi dulu, kemudian dinding dan seterusnya.
  3. Perhitungkan harga bahan bangunan yang dibutuhkan, utamakan membeli bahan bangunan yang harganya lebih mahal dan yang tahan lama terlebih dahulu. saya pernah membandingkan beberapa harga yang memiliki perbedaan jauh antar dua daerah. yang saya contohkan di kalimantan dan di jawa. kalau dikalimantan pasir 1 bak truk hanya Rp. 150 ribu, sedangkan di jawa diatas Rp. 500 ribu bahkan sampai hampir Rp. 1 juta. (saya sendiri penasaran kepingin membuat rumah di jawa). Padahal harga rumah antara di jawa dan di kalimantan hampir sama dengan ukuran rumah yang sama. adapun bahan yang bisa di akhirkan untuk di beli adalah bata atau batako, daun pintu, bahan atap, seperti seng atau yang sejenisnya.
  4. Hindari transaksi biaya upah untuk membangun satu buah rumah kepada tukang bangunan. tetapi transaksilah harga upah untuk membangun satu bagian rumah. misalkan upah membangun pondasi berapa..? setelah pondasi selesai dibuat, maka buat transaksi baru untuk membangun dinding, dan seterusnya. kenapa harus di bagi perbagian, karena setiap transaksi harga upah kita bisa nego potongan harga, sehingga kita akan mendapatkan potongan harga upah dari setiap transaksi yang kita lakukan, selain itu juga menjaga kekawatiran kekurangan dana.
  5. Ikuti setiap tukang kerjakan dan pelajari cara melakukan pekerjaan tukang tersebut. hal ini untuk mengantisipasi jika dana yang ada tidak cukup untuk melanjutkan membayar upah tukang. saya pribadi pernah menambah bangunan dapur seluas 5 m x 2,5 m, dengan tenaga sendiri tanpa bantuan tukang. Sebenarnya ada beberpa hal yang bisa kita lakukan sendiri tanpa butuh tukang bangunan. seperti membangun pondasi, cukup modal tenaga untuk mengaduk semen dan mengangkat batu. di antaranya lagi yang bisa kita lakukan sendiri adalah membangun dinding rumah. adapun yang tidak bisa kita lakukan adalah, membangun atap rumah, kusen, daun pintu, karena hal tersebut tidak hanya membuthkan tenaga tetapi juga butuh keahlian khusus.

Berikut contoh gambaran yang pernah saya alami sewaktu membangun rumah sebesar 10 x 9 m. dengan dana yang tersedia sebesar 24 juta.
  • saya habiskan semua dana untuk upah dan bahan bangunan. adapun rinciannya sebagai berikut.
    • Biaya upah untuk membangun tahap pertama yaitu pondasi dan dinding setelah nego sebesar -+ Rp. 8 juta. yang sebelumnya Rp 11 juta.
    • 4 bak truk batu kali untuk pondasi,  yang menghabiskan dana -+ Rp 4 juta (tempat saya di kalimantan 1 truk Rp. 1 juta)
    • Batako sebanyak 3000 batako menghabiskan dana Rp 4,5 juta.
    • 8 Truk tanah timbun. total dananya -+ Rp. 1 juta
    • 40 sak semen, dengan total biayanya -+ Rp. 2 juta
    • adapun pasir putih, saya lupa, yang jelas harga 1 truknya Rp150 ribu.
    • dan yang terakhir besi cor, untuk tiang dan slop bangunan. adapun jumlahnya saya juga lupa. 
  • kemudian tahap kedua, setelah para tukang menyelesaikan tugasnya maka saya lanjutkan sendiri untuk memplester dinding, dana yang di habiskan perhari -+Rp 50 ribu.sudah termasuk bahan bangunan yang dibutuhkan pada saat itu.
  • Tahap ketiga saya dapat bantuan dana dari orang tua sebesar Rp. 15 juta. dengan dana tersebut rumah pun selesai dan siap huni. adapun rincian dana 15 juta ini adalah
    • transaksi pertama 5 juta, untuk upah tukang memplester sisa dinding yang belum saya selesaikan.
    • 10 sak semen yang dihabiskan, dengan total biaya sebesar -+ Rp. 500 ribu.
    • Pasir, saya kali ini juga lupa yang jelas tidak sampai 1 juta
    • transaksi kedua 2 juta, upah untuk memasang keramik dan wc.
    • transaksi ketiga menghabiskan dana 2,5 juta, upah untuk membangun atap rumah.
    • atap dari bahan seng, yang menghabiskan 40 lembar seng. yang total biayanya -+ 4 juta (untuk seng saya bayar nyicil 2 kali, dan tokonya mau- mau aja)
    • adapun bahan kayu untuk atap menghabiskan dana -+ 3 juta. (kebetulan kayu sebelumnya sudah di tumpuk maksudnya sudah di tabung dalam bentuk kayu, sebelum proses pembangunan rumah)

Mungkin sekian tips dari saya, kita bisa saling sharing melalui komen anda di site ini. bagi yang mau cari inspirasi untuk rumah yang cantik, coba kunjungi home inspiration. klik disini.
Terima kasih telah mampir dan membaca artikel Tips dan Trik membangun rumah murah meriah dengan URL http://www.gaptect.com/2012/08/tips-dan-trik-membangun-rumah-murah.html ,Jika artikelnya menarik, silahkan disebarkan, asalkan tidak merugikan blog gaptect. Pahamkan maksud saya..?

-------------------------Please Share and Your Comment For This Article-------------------------
Don't Click

53 comments:

  1. Assalamualaikum
    lg searcing di google tentang biaya pondasi rumah mampir deh ke blog ini, soalnya rencana mau bangun rumah
    jadi kira2 kl bangun pondasi awal sekitar 20 jutaan ya mas , kl boleh nanya kl tanahnya luasnya 72 biaya pondasinya sama ga ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebenarnya tidak ada perhitungan khusus... klo 20 juta untuk pondasi aja terlalu mahal (klo untuk upah).. klo untuk bahan dan upah, dana 20 juta dengan ukuran 72 m pesegi ya..? sudah dapat sampai dinding.(belum termasuk kusen)..

      gini taktiknya sob..
      tanyakan ke tukang upah per meternya berapa untuk pondasi.. klo di tempat saya berkisar 50 ribu per meter.(untuk pondasi bahan batu dan besi slop). totalkan panjangnya pondasi yang mau di buat sesuai denah rumah. misalkan total panjang 72 m, maka di perkirakan upah pondasi 50.000x72 maka sekitar 4 juta.(itupun di ajak nego harga dulu, jika sudah deal, dan sudah berjalan, ajak lagi nego untuk membangun bagian yang lain, dan sekali lagi di ajak nego lagi)

      adapun jumlah batu sebagai bahan pondasi, tergantung medan tanah miring apa tidak, dan ketinggian pondasi juga di perhitungkan, misalkan tingginya 50 cm maka jumlah batu yang di butuhkan untuk pondasi sekitar 4-5 bak truck. klo di tempat saya 1 bak truck biayanya 1 juta. jadi jika di totalkan berkisar 5 juta. untuk tanah miring, bisa diakali dengan membuat lantai bertingkat yang ketinggian per tingkatnya berkisar 30 cm.

      Untuk pasir, jika menggunakan pondasi batu, pasir yg digunakan tidak begitu banyak. perkiaraan 3-5 ret (bak truck). harga pasir di tempat saya berkisar 125 - 175 ribu per ret. jadi klo di totalkan berkisar 500 ribuan. klo di jawa kayaknya pasir agak mahal, sekitar 500-600 ribu 1 ret truck.

      sisanya semesn tidak perlu di pertimbangkan karena harganya murah, sekitar 50 ribu dan bisa di beli 10 sak semen untuk pondasi, totalnya berkisar 500 ribu..jadi total semuanya adalah

      kurang lebih 10 juta.. (belum termasuk tanah timbun yaa..) tanah timbun tergantung kondisi tanah. dan ketinggian pondasi. jika harga tanah sama dengan harga pasir maka bisa di sediakan dana 1 jutaan. tanah timbun bisa di akali dari tanah keruk untuk sepiteng atau area halaman yang mau di ratakan...

      uang yang tersisa menurut saya di gunakan untuk membuat kusen aja. karena untuk dinding biaya pembangunannya jauh lebih ringan...

      adapun atap terakhir aja. kumpulkan saja bahannya dulu.

      Delete
  2. Sob,untuk bangun rumah ukuran 6x12 kira2 biayanya brapa ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. tergantung daerahnya...dan desainnya sob...
      tapi apa pun bentuk dan daerahnya coba aja cara trik di atas...
      klo 6 x 12 dengan penuh hiasan ornamen, pengalaman tetangga saya 100 jt...
      tapi klo ingin desain rumah yang biasa aja, maka mungkin kurang...
      tapi coba aja trik di atas... akan jauh lebih murah

      Delete
  3. Om, klo luas tanah 100m2 dgn disain rumah 3 kmar bisa apa kga ya ?
    Niat nya sih mau bangun yg sederhana minimalis, kira" biaya nyya brapa om ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. rumah saya aja sekarang 90 m2 dengan 3 kamar, 2 kamar berukuran 3x3m, dan yang satunya 3x4m. biaya yang saya habiskan sekitar 45 jt. apapun ukurannya coba aja trik di atas...

      Delete
  4. Triknya mantap bgt pak, oya kalimantannya di mana pak? saya kalteng :D

    ReplyDelete
  5. om saya rencana juga mau bangun rumah di balikpapan dan tanahnya sudah ada sekitar 10x14 meter...rencananya mau bangun 2 lantai 1 km tdr+wc+dapur dibawah dan 3 kamar+wc+tempat nyuci dan jemur diatas bagaimana cara perhitungan yang baiknya ??

    ReplyDelete
    Replies
    1. target utama anda bagian pondasi dengan biaya cor lantai 2... sisanya sudah ringan... jadi klo dana pas2an yang di utamakan pondasi sama cor untuk membuat lantai 2.. sisanya bisa di targetkan belakangan....

      klo takik murahnya... nego per bagian, seperti uraian di atas..

      Delete
    2. oh begitu yah mas....kalau menurut mas kira-kira berapa biaya yang akan saya habiskan untuk membangun rumah tersebut ??

      Delete
    3. tergantung ketinggian pondasi mas... dan itu pun masih bisa di atur... misalkan dana terbatas lantai bawah bisa di buat tingkat setinggi 30 cm. untuk perkiraan dana :

      pondasi batu tuk ukuran 10x14 m siapkan aja 6 ret truk. per ret truk biayanya di tempat sya 1 jutaan..

      pasir perkiraan 10 ret, untuk pondasi dan cor lantai 2.

      besi di perkirakan saja.. satu batangnya panjang 12 meter.
      biasanya pakai yang 8 in, tetapi untuk tiang tingkat 2 pake yg ukuran lebih dari 10 in.
      kayu untuk penyangga cor.
      batu krikil untuk bahan cor.

      untuk bahan pondasi dan cor lantai 2 (belum termasuk dinding dll) biaya nya sekitar maksimal 20 juta.

      untuk upah, hitung permeter sekitar 50- 100 ribu, tetapi biaya cor tingkat 2 berbeda. intinya coba nego dengan tukang perbagian supaya agak ringan..

      apabila sudah selesai pondasi dan lantai 2.(biarkan istirahat dulu pembangunannya sampai dana tercukupi) anggarkan biaya berikutnya untuk buat kusen dan pintu.
      setelah itu kumpulkan bahan untuk atap. setelah semua tercapai barulah dinding...
      semoga membantu.. saya juga ada rencana membangun lagi dengan type bertingkat.. hehehe

      Delete
  6. hoke...terima kasih masukannya mas, sangat membantu, salam hormat saya
    dheny agusthamb

    ReplyDelete
  7. mkasih atas tipsnya bang,,,saya kebetulan mau bikin usaha warnet hehe

    ReplyDelete
  8. salam damai bang numpang tanya...saya rencna mau bkin dapur ukuran 2x 5m n jg teras dpan rmah msh ada tanah kosong ukuran 4x5m..kira" membthkan dana brapa?? n apkah msh bs di tingkat dng sisa tanah tersebut..krna dah g bs ningkat bgian rmahnya krna bli rmah dah jd ,jd kurang kuat di perkirakan ..mksh sblm nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya sedikit kurang paham pertanyaannya.. tapi coba saya jawab sesuai dengan yang saya pahami dari pertanyaan anda..
      1. untuk membangun dapur ukuran 2 x 5 m, seperti pengalaman saya hanya 3 juta... tapi proses proses pembuatannya selain tenaga tukang, saya juga ikut ngerjaain.. coba aja di rinci, untuk pondasi di perkirakan bahan dan upah 1,5 juta. dinding upah dan bahan diperkirakan sama 1,5 juta. untuk atap tergantung bahan dan bentuk atap. jadi siapkan saja 5 jt an.

      2. Untuk teras karena gak pakai dinding lebih ringan lagi, beban biaya terpusat sama pondasi dan cor lantai, dan juga atap. Barusan kemaren teman membuat teras dengan ukuran kurang lebih sama, cuma butuh 2 Jt.. tetapi saran saya siapkan saja total dengan dapur dananya 10 juta. Agar biaya lebih ringan gunakan trik yang saya paparkan di atas...

      3. kalau ingin di tingkat, memang tidak bisa memakai pondasi rumah yang sudah jadi, karena biasanya rumah yang di bangun tanpa tingkat maka pondasinya hanya untuk rumah tanpa beban tingkat, jadi jika anda ingin meningkat rumah, bisa saja dengan cara membuat tiang-tiang di sisi luar tembok rumah anda dengan sistem cakar ayam (yang memang di desain untuk menopang beban bangunan yang di tingkat...) jadi rumah tidak perlu di robihkan hanya buat tiang baru di setiap sudut dan sisinya...

      sekian mungkin cukup membantu...

      Delete
  9. setelah baca tulisan anda saya jadi kepikiran untuk membangun rumah sendiri
    Tadinya mau beli yang langsung jadi, tapi melihat perbedaan harga untuk membangun sendiri dan membeli yang sudah jadi sangat jauh sepertinya saya ingin menerapkan konsep anda dengan membangun rumah perbagian....info yang sangat bagus.

    ReplyDelete
    Replies
    1. harusnya memang membangun rumah sendiri... jauh lebih murah, selain itu bentuk rumah bisa sesuai dengan kebutuhan kita... coba aja kalau beli tanah di daerah perumahan BTN, pasti pemborongnya gak mau, soalnya keuntungan terbesarnya adalah di penjualan bangunan rumah...

      saya pribadi kalau punya banyak tanah, kepingin setiap tanahnya saya bangun rumah, trus di jual... soalnya saya sudah pernah membangun rumah dengan biaya total 25 jt an, lalu saya jual 70 jutaan, trus dengan dana tersebut, saya bisa membangun rumah yang lebih besar plus bisa beli mobil.

      Delete
  10. mas, tolong di kasih tau tips cara membangun rumah dengan luas tanah 256m di bagi menjadi 2 rumah,namun membangunnya 1 rumah dulu.
    saya minta penjelasannya jika 1 bangunan tersebut bisa mengeluarkan biaya berapa banyaak,dan minta tolong di perincikan bahan bahan bangunannya ya mas,kl tanah tersebut masih ajb apakah bisa untuk mendirikan rumah,karena belum di sertifikatkan tetapi sudah atas nama saya mas.
    saya tunggu jawabanya
    terima kasih .

    ReplyDelete
    Replies
    1. maaf nih agak lama jawabnya... mendingan di sertifikatkan saja dulu... klo masalah rincian dana bahan ada baiknya adan coba nanya di daerah anda. karana setiap bahan dan upah sesuai dengan daerah masing-masing... klo saya tidak fokus di rincian bahan, tapi fokus memulai perbagian...

      Delete
  11. mas saya punya tanah 29 X 17. dan rencana mau buat rumah berendeng 6 rumah(rumah kontrakan). tiap rumah buat 4 X 14. kira-kira berapa habis bagunan dan upah bagunan. kira-kira berapa harga yang pantar jika upah bagunan di borongkan mas. apa bisa 200 juta
    bahan bagunan+upah kerja.

    ReplyDelete
    Replies
    1. klo untuk 200 juta bisa saja, dengan tidak membuat banyak sekat ruang ... tapi mendingan borongannya perbagian.. seperti yang saya uraikan di atas.. jadi anda bisa nego perbagian hingga dapat potongan lebih banyak (upahnya)... klo maslah bahan saya rasa sangat cukup, tapi tergantung jenis bahan dan model rumahnya

      Delete
  12. mesagge no telp bang buat share az please (denyefriadi@yahoo.com) trimakasih

    ReplyDelete
  13. Mantap Artikelnya... jadi total dari awal hingga finish menghabiskan dana berapa ya gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. klo rumah yang terakhir di bawah 50 jt...

      Delete
  14. Terimakasih untuk artikelnya yang mencerahkan. Sekalian mau tanya. Saya ada tanah di Bandung kota, mau dibangun rumah lantai 1 : 3m x 12m, lantai 2 : 3m x 6m. Total 54 meter persegi Struktur beton. Lantai 2 kayu. Kira-kira kalau budget-nya 70 juta (untuk material+upah kerja) cukup tidak ya mas? Berapa kira-kira biaya untuk struktur beton dan pondasi? Makasih sebelumnya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. klo cuma kotak, dan harga kayu di bandung standar, kayaknya dapat aja dengan 70 jt. jadi nanti atapnya landai aja... yang makan biaya cuma di pondasi sama lantai 2, sisanya ringan... tapi kayaknya tuh cukup banget koq.. tapi ketinggian rumah berapa..?

      Delete
    2. Makasih untuk jawabannya Mas. Ketinggian rumah total sekitar 5 meter plus atap sepertinya 1.2 meter cukup ya. Kalau jarak lantai 1 ke lantai 2 sekitar 2.65 m. Iya, atapnya miring satu sisi aja, masih mempertimbangkan lebih murah pakai kuda-kuda kayu atau baja ringan ya? Penutup atapnya fiber semen.

      Delete
    3. rumahnya kerendahan.. mendingan total 8 meter saja... klo kuda2 katanya di daerah pulau jawa lebih murah almunium

      Delete
  15. Mas sy mw tnya soal perkiraan biaya membangun rumah..sy pny tanah di cirebon krng lbh lebarnya 8.5m dan panjangnya 23m (198meteran totalnya)..rencana mau bangun 2 lantai,tp lantai atas cukup hanya dengan 2 kamar tidur,1kamar mandi,dan 1 ruang keluarga.
    Dan dilantai bawah 1 ruang tamu,2 garasi luar dan dalam,1 halaman depan,1 halaman belakang,1 dapur + ruang makan, 1 kamar utama dgn kamar mandi dalam,1 kamar tamu,1 kamar mandi,1 kamar pembantu + kamar mandinya..

    Ini sy minta perkiraan saja berapa banyak dana yang harus sy keluarkan, untuk ukuran per ruangan dianggap ideal atau umum sprti orang2 lain..

    Apakah jasa borongan lbh bisa diandalkan?
    Mohon jawabannya,,trimakasih mas..

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya gak bisa memperkirakan biayanya.. soalnya ukuran rumah tidak di ketahui.. (apakah ukuran tanah di pakai full untuk bangunan..?)
      klo melihat banyaknya ruang yang ada, bisa membuat biaya lumayan besar...

      klo saran saya sih pakai borongan, karena klo harian kerjanya harus di pantau, juga biaya jadi tidak pasti...
      klo borongan anda bisa nego, dan gunakan tips saya di atas, yaitu nego perbagian setelah penetapan biaya borongan...

      Delete
  16. mau tanya nh gan, kl tanah ukuran 10x7 dengan biaya kisaran 40-50jt cukup gak ya gan??
    2 kamar tidur @ 3x3, kamar mandi 2x1,5 + dapur ukuran 2x3
    ruang tamu ukuran 4x2,75... oiya 1 lagi gan, dinding rencana tingginya 4m
    trims gan, mohon dibantu suhu -_-

    ReplyDelete
    Replies
    1. cukup insyaAllah.. tapi klo atap pakai genteng atau multiroof sebaiknya itung lagi sesuai kondisi di daerah anda... tapi klo pengalaman saya dengan biaya segitu plus ukuran rumah seharusnya sudah langsung di tempati (siap huni)..

      tapi saran saya jangan terlalu banyak sekat dinding, jika tanahnya sudah mentok, rencanakan pondasi siap tingkat untuk lantai 2, tapi klo tinggi dinding sampai 4 meter sudah cukup lega tuh, apalagi klo di tambah stengah meter lagi jadi 4,5 m.

      teruskan aja niat membangunnya kang

      Delete
    2. sip gan, ada rencana mau tingkat tapi 1 lantai dl suhu -_-
      nanti jg mau di slop atas bawah gan, makanya bingung kira" dana ckp nggak ahahhahaha

      Delete
  17. numpang nanya Gan...

    luas tanah 14 x 14,5 meter (sekitar 200 meter persegi) di pertigaan jalan. mau dibangun dulu 7 x 6 meter untuk 1 kamar, ruang tamu, kamar mandi dan dapur di bagian pojoknya yang jauh dari pertigaan. dana sudah di tangan 50 juta pas (pinjam koperasi).

    kondisi tanah agak miring di dekat jalan (jalannya satu sisi agak menurun, yang satu rata). rencana akan dipondasi keliling tanah dulu pakai batu kali, baru setelah itu tanah galian septic tank akan dipakai untuk meninggikan bagian bawah.

    rencana tukang mau borongan. masih bingung pakai batu bata atau hebel.

    Mohon saran dan pendapatnya ya Gan...

    ReplyDelete
    Replies
    1. gini para sobat semuanya, tidak usah mikirin total biaya, coba metode yang saya paparkan di artikel di terapkan.. soalnya saya kebingungan untuk mentotal, karena kondisi tempat kita berbeda-beda...

      Delete
  18. Maaf mo nanya jg Gan...sy mo bangun rumah dg ukuran 7x9 m ( leter L ) ...dg rincian 3 kmr tdr masing 3x3 m...ruang tamu... ruang keluarga..& dapur+ruang mkn+ wc itu dlm 1 ruangan...kira2 berapa biaya yg hrs sy siapkan untuk bahan dan ongkos tukang .?? kira2 80 jt cukup gk ea ? ( lokasi sy di jawa barat.). mhn jwbn...dn trmksh sblm'y... salam hormat :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. maaf juga baru jawab... saya rasa cukup mba... jika dananya 80 juta...

      Delete
  19. Saya mau tanya. Rumah saya kn tingkat 2 tp bln di cor lantai 2 nya. Masih pake papan. Kira2 berapa untuk membangun lantai 2 untuk ukuran 12 x 5 . Mohon bantuannya. Trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. maaf kurang jelas... tu untuk ngecor saja atau untuk sekaligus dindingnya..

      Delete
  20. Kalo rm ukuran 7 x 12 m dengan dana 50 juta bisa bangun rm minimalis apa gak ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. tergantung daerah danbentuk denah rumah.. tapi saya rasa cukuplah dana 50jt

      Delete
  21. saya punya rencana membangun rumah model minimalis dengan ukuran 8x10 untuk lantai 1 dan lantai dua hanya 22 m2 dengan luas tanah yg cukup luas sekitar 700m2 bisa minta kira2 berapa dana yang harus sy persiapkan untuk pembangunan rumah ersebut

    ReplyDelete
    Replies
    1. tergantung juga... intinya klo mau tingkat dana yang cukup besar adalah terpusat di lantai 2... sisanya dana lebih ringan

      Delete
  22. mas saya mau tanya luas pondasi saya it 15x12 klo mau membangun rumah sderhana it brp ya klo permanen brp n kayu brp mohon bantuannya..???

    ReplyDelete
    Replies
    1. klo kayu lebih mahal, saya yang berada di tengah hutan pun gak kuat biaya membangun rumah dengan kayu...

      mendingan pakai beton permanen, klo biaya jika jumlah ruang sedikit bisa lebih ringan. dana 50 sampai 70 juta kayaknya sudah cukup.

      Delete
  23. mas,saya mau tanya kalau ukuran rumah 5x12 terdiri 2 kamr tidur uk 3x3, ruang tamu 4x3, slebihnya wc dan dapur. tinggi rumah sampai atap standart.

    kira2 dana 88jt belum termasuk finishing kemahalan atau gak.. mohon penjelasanx ya mas..krn itu tukang minta biaya finishing 35jt lg ngecat full,keramik lantai full, ngedek full..

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk upah itu tergantung tukang di daerah masing-masing. daerah saya kemaren cuma 20 juta, untuk ukuran sedikit lebih besar... tapi harga segitu harga yg standar gak mahal gak murah...

      Delete

PERHATIAN
Tidak usah berkomentar ya.. capek membalasnya..

DMCA.com Submit Bing

Link Partner


FreeDownload |Zachflazz, Blog motivasi | A Than Javarif | Blognya Agus Setya Fakhruddin, mas agus | Catatan kecilku, mba indah | Blogs Of Hariyanto |