Tuesday, January 22, 2013

Panduan mudah dan cepat belajar menyetir mobil pemula


بِسْــــــــــــــــمِ ﷲِ

Sekali lagi dari pengalaman pribadi tentang otomotif, saya mau berbagi tips panduan mudah dan cepat belajar menyetir mobil pemula, tanpa melalui badan kursus, dan hanya cukup sehari saya sudah bisa membawa mobil keluar kota. Memang awalnya saya sudah biasa menggunakan sepeda motor roda dua, tetapi belum pernah mengendarai mobil. Bahkan sampai pada saat beli mobil saya belum tau cara menyetir dan tidak mengenal fungsi dari semua perangkat pada mobil. Hanya sempat minta keterangan cara mengoperasikan mobil kepada si pemilik mobil. Lalu apa yang saya lakukan sehingga bisa menyetir mobil dengan cepat dan mudah..? Mari ikuti tips dari pengalaman pribadi saya berikut ini:


Pertama, Kenali fungsi dari alat yang di gunakan untuk menyetir mobil, seperti :


  • Stir mobil, untuk membelokkan mobil.
  • Pedal Gas (pada gambar bagian A), berfungsi untuk menjalankan dan pengatur kecepatan mobil.
  • Pedal Rem (pada gambar bagian B), berfungsi untuk menghentikan jalannya mobil.
  • Pedal Kopling (pada gambar bagian C), berfungsi untuk menetralkan gas dan membantu perpindahan gigi porsneling.
  • Tuas porsneling, untuk mengganti gigi porsneling.
Kedua, Pahami waktu penggunaan dari masing-masing alat di atas.
  • Stir mobil, di gunakan ketika ingin berbelok. (rasanya cukup jelas)
  • Pedal Gas, ketentuan penggunaanya :
    • Di injak ketika mobil mau di jalankan, tentunya ketika gigi tidak dalam keadaan normal.
    • Boleh tidak di injak, jika kecepatan sudah mencapai kebutuhan.
    • Kecepatan mobil tergantung dari kedalaman injak pedal gas. 
    • Sering di gunakan bersamaan dengan pedal kopling.
  • Pedal Rem, di gunakan dengan ketentuan :
    • untuk mengurangi kecepatan mobil, dengan menekan ringan.
    • untuk menghentikan gerak mobil.
    • Bisa di gunakan bersamaan dengan pedal kopling
  •  Pedal Kopling, di gunakan dengan ketentuan:
    • Untuk memindahkan tuas porsneling. Jika pedal kopling tidak di injak penuh maka tuas porsneling tidak bisa di gerakkan atau sulit digerakkan.
    • Fungsi penekanan pedal kopling secara penuh, selain untuk memindahkan gigi, juga membuat pedal gas hanya meraung jika di injak, dan tidak akan menambah laju mobil.
    • Penggunaan pedal kopling sering di gunakan bersamaan dengan pedal gas. khususnya ketika mobil mau mulai berjalan, dan ketika mobil berjalan pelan.
    • Sesuaikan tekanan pada pedal kopling dengan pedal gas, ketika mobil mau memulai jalan.
    • Pedal kopling bisa dilepas dari pijakkan, ketika mobil sudah melaju.
    • Pedal kopling tidak boleh di lepas dari pijakkan, ketika kondisi gigi berada di posisi selain normal, dan ketika mobil tidak melaju atau berjalan pelan. karena mobil akan langsung mati. 
  • Tuas kopling, di gunakan dengan ketentuan:
    • Penggerakkan tuas porsneling harus di dahului dengan menginjak pedal kopling.
    • Untuk mengarahkan tuas porsneling ke arah gigi yang di inginkan, ikuti arah gambar di atas. contoh: masuk ke gigi 1, gerakkan tuas kekiri, kemudian ke atas.
    • Rasakan setiap menggerakkan tuas porsneling menuju ke salah satu gigi, hingga ada suara klek. pertanda gigi sudah masuk.
    • Untuk menormakan tuas porsneling. cukup dengan di arahkan ke tengah. contoh dari gigi 1, tarik kebawah sekali klek. jika sampai dua kali klek maka akan masuk langsung ke gigi 4. jika berada di gigi ke-4 maka naikkan tuas satu kali klek. jika sampai dua kali klek maka akan masuk ke gigi ke-3.
    • Untuk masuk ke gigi 1 dan 2, harus ke arah kiri dulu, kemudian ke atas untuk gigi 1, ke bawah untuk gigi 1. 
    • untuk masuk ke gigi 3 langsung ke atas. sedangkan untuk gigi 4 langsung ke bawah.
    • Untuk pindah gigi, gerak tuas harus melewati posisi netral dulu.
Ketiga, Latihan menggunakan semua alat di atas, dengan cara :
  • Kondisi mobil tidak hidup atau tidak jalan :
    • Latihan memindahkan pijakan kaki pada pedal, sampai hafal dengan fungsinya. hingga tidak perlu melihat pedal.
    • Latihan arah tuas porsenling, dari gigi 1 sampai gigi mundur. sampai hafal.
  • Kondisi mobil hidup :
    • Latihan perpaduan pedal gas dan pedal kopling saat memulai jalannya mobil.
    • Latihan menjalankan mobil yang bergerak pelan.
Catatan :
  1. Belajarlah mengendarai mobil dengan berjalan lambat. Karena mobil paling mudah di jalankan dalam kondisi cepat. Tetapi sulit jika kondisi pelan/lambat.
  2. Pada saat jalan, pandangan fokus ke jalan, sehingga otak hanya berfikir mengatur arah stir. adapun pedal dan tuas harus sudah di hafal.

Terima kasih telah mampir dan membaca artikel Panduan mudah dan cepat belajar menyetir mobil pemula dengan URL http://www.gaptect.com/2013/01/panduan-mudah-dan-cepat-belajar.html ,Jika artikelnya menarik, silahkan disebarkan, asalkan tidak merugikan blog gaptect. Pahamkan maksud saya..?

-------------------------Please Share and Your Comment For This Article-------------------------
Don't Click

49 comments:

  1. kalo nyetir mah yang penting pede. :'D

    ReplyDelete
    Replies
    1. klo mobilnya butut gimana mau pede hehehe.. nanti malah nabrak-nabrak...

      Delete
    2. Mobil bututnya jual aja atuh
      Ganti dg yg baru

      Delete
    3. klo mo beli saya mo jual

      Delete
    4. klo mo jual saya mo bli ckckcckc

      Delete
  2. Maksih Om buat Artikel'nya..

    Sangat bermanfaat buat ane yg mau bljr nyetir mobil..

    ReplyDelete
  3. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
    Replies
    1. klo posisi tanjakan rem tangan bisa di fungsikan, sambil menekan gas. jika mobil sudah mulai maju maka lepas rem tangan secara perlahan, di sesuaikan dengan tekanan gas agar tidak mobil tidak mendadak maju...

      Delete
  4. Terima kasih. Saya sering bepergian ke luar kota dengan mobil namun masih khawatir menyetir sendiri.

    ReplyDelete
  5. wah bisa jadi bapak buka shorum mobil atau bengkel mobil nih, tentang mobil semua tahu !!!

    ReplyDelete
  6. Saya masih belum terampil ganti porseneling, habis ganti porseneling mobil keseringan langsung mati, dan susah gerakin rem tangan (bisa ngerem, nggak bisa balikin),, ada masukan pak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kayaknya bukan masalah porsneling, tapi penyesuaian antara kopling dengan gas nya aja yang kurang pas.... klo rem tangan, pada saat narik tuas ada tombol yang di tekan, yang berada di ujung tuas... klo gak di tekan maka, tuas remnya gak bakalan ke tarik...

      Delete
  7. Apa yang harus diperhatikan pada saat mobil ingin belok pada kelokan yang menikung, sebab mobil dari arah yang berlawanan tidak kelihatan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. laju mobil di perlambat... dan tetap dalam jalur arah mobil anda... jika perlu gunakan klakson....

      Delete
  8. Doain saya, saya juga baru mulai mau belajar nyetir

    ReplyDelete
  9. Untuk mundurnya ko gak dicantumkan bos?

    ReplyDelete
    Replies
    1. mundurnya kan tinggal merubah posisi tuas porsneling...ke arah kanan bawah...
      coba latihan menghafal arah tuas porsneling dulu aja....

      Delete
  10. Bilangnya kan tadi kalo pindah gigi harus lewati normal, kalo misalkan mau memindahkan dari gigi 1 ke 2 harus lewat normal lagi?

    ReplyDelete
    Replies
    1. memang pergerakkan tuas porsneling pasti melewati normal yang berada di tengah. gak mungkin langsung loncat ke gigi lain

      Delete
    2. lowwh !! 1 ke 2 Lo Gann,,,,!!!????
      bukan 1 ke 3??

      Delete
    3. waduuh.. klo gak percaya buka gearboxnya sekalian... tuh posisi 1 berada di kiri atas, di tarik kebawah (sekarang posisi netral) lalu di lanjut ke bawah kiri.. gitu kan..??klo langsung tarik kiri atas ke kiri bawah bakalan nyangkut...

      Delete
    4. Gambar/diagram persnelingnya salah tulis x jd bung sali salah persepsi

      Delete
    5. mungkin.. tapi gambar diagramnya mengikuti gambar yang ada di kepala porsneling...

      Delete
    6. ohh.. jadi gris yg ditengah (horizontal) itu posisi netral, sy kira posisi netral itu hanya saat porsneling barada di titik tengah saja om

      Delete
    7. garis horizontal itu arah mau masuk gigi.. setiap tuas yang sudah berada di salah satu gigi jika di tarik ke belakang atau kedepan satu kali maka posisi tuas berada di netral, setelah itu baru di arahkan sesuai lekukan dari skema garis di tuas

      Delete
  11. mantep banget postingannya,,, Suksema bli

    ReplyDelete
  12. mau tanya gan, kalau dari gigi 5 (dlm TOL & kendaraan menurunkan kecepatannya),bila ingin menurunkan giginya lbh baik gmn? (apakah hrs diurut giginya/ langsung ke 3. Bgmn seharusnya. Tks gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. gigi di dalam mobil berbeda dengan gigi di kendaraan roda dua yang harus berurutan... jadi silahkan aja pindah gigi kemana aja asalkan jangan dari gigi maju ke gigi mundur... klo mau pindah ke gigi mundur tunggu sampai mobil berhenti dulu...

      jadi sesuaikan dengan kebutuhan... misalkan dari gigi 5 kemudian kecepatan menurun.. maka bisa ke gigi 3 atau ke gigi 2, tergantung seberapa pelan jalannya mobil...

      Delete
  13. Waduh...makasih banget nih infonya gan..berarti pertama kali harus larihan injek pedal ya...tanya nih..untuk kaki kiri berfungsi injek kopling dan rem atau rem saja.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kaki kiri kalau saya untuk injak kopling aja...

      Delete
  14. Makasih gan, tadi mau yetir mobil gakk pede, lalu ku lanjutkan untuk meliat panduan jadi pede.

    ReplyDelete
  15. makasih banget ni buat artikel nya,, buat belajar nanti malem hehe

    ReplyDelete
  16. TRIMAKSIH BANG, MOGA DIBERKAHI KARENA MANFAATNYA..

    ReplyDelete
  17. sesuatu banget...thanks gan.................

    ReplyDelete
  18. ini yang saya cari mas paijo, he he he ternyata banyak yang baru punya mobil. thanks banya yang senasib

    ReplyDelete
    Replies
    1. Syukurlah klo bermanfaat ya pak....

      Delete
  19. Bermanfaat banget ilmunya gan. Hari ini sy baru iseng2 belajar mobil. Jadi makin semangat nih. Kalo udah lancar insyaaallah pahalanya ngalir...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itulah yang di harapkan mba.. terima kasih juga

      Delete
  20. Terima kasih tipsnya.... Ditambah komentar jadi tambah lengkap...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untung saya buka komentar ya... Alhamdulillah komentarnya bisa bermanfaat juga...

      Kebetulan artikel saya ini banyak yang copas, jadi klo mau komplit ya blog ini....

      Delete
  21. bermanfaat om... makasih infonya... saya mau belajar mobil tapi belum tau fungsi semuanya...hheee artikel dari om bantu bgt bwt saya..nuhun om

    ReplyDelete
  22. ♧ȋȋ̊γ̲̣̣̥ÿ̲̣̣̣̥γ̥ɑ̤̥̈̊α̣̣̥α̍̍̊α̇̇̇̊♧ ,

    ReplyDelete
  23. Tank's artikelnya.....past manfaat dech...

    ReplyDelete

PERHATIAN
Tidak usah berkomentar ya.. capek membalasnya..

DMCA.com Submit Bing

Link Partner


FreeDownload |Zachflazz, Blog motivasi | A Than Javarif | Blognya Agus Setya Fakhruddin, mas agus | Catatan kecilku, mba indah | Blogs Of Hariyanto |