Saturday, January 5, 2013

Sebab dan cara mengatasi mobil mati


بِسْــــــــــــــــمِ ﷲِ



Bagi yang punya mobil, pasti pernah mengalami mobil mati, atau mobil tidak mau hidup, atau mobil tidak mau di starter, atau tiba-tiba mobil mogok. Kondisi ini terkadang membuat orang jengkel, bahkan jenuh dengan mobil yang dimiliki. Mobil yang di harapkan dapat meringankan proses transportasi tetapi malah menambah beban hidup anda. Hampir tiap minggu mampir ke bengkel bahkan hampir tiap hari nongkrong di bengkel, Terkadang ada yang bertanya, tuh mobil punya siapa? punya bengkel atau punya kita. 

Saran admin getect mendingan coba belajar mengatasi sendiri, karena terkadang tukang bengkel kerjanya setengah-setengah, dengan tujuan agar mobil kita sering mampir di bengkel. Adapun masalah mobil tidak mau hidup, akan di bahas di artikel ini, apa saja sebab mobil mati dan cara mengatasi mobil mati, atau mobil susah hidup

Pada dasarnya system mesin mobil hanya di atur oleh dua kondisi saja, yaitu kondisi pengapian dan kondisi suplay bahan bakar. Jika kedua kondisi ini berjalan dengan lancar, maka di jamin mobil anda langsung jreng. Untuk lebih jelasnya simak uraian berikut sebab dan cara mengatasi mobil mati :
A. Cek kondisi Suplay bahan bakar.
  1. Cek Bahan bakar, masih ada atau sudah habis. kalau habis atasi dengan mengisi bahan bakar segera.
  2. Cek Membran. Membran berfungsi sebagai pompa bahan bakar, agar bahan bakar bisa sampai kekarburator. cara menceknya, lepas selang di karburator yang tersambung ke membran, kemudian coba di starter, jika bensin keluar deras maka membran normal, jika tidak maka membran harus di ganti, atau..
  3. Cek Filter bahan bakar. Jika filter bahan bakar kotor maka harus diganti, terkadang membran tidak bisa memompa bahan bakar dengan deras bisa di sebabkan filter yang kotor atau tersumbat. Jadi sebelum mengganti membran ada baiknya anda cek dulu kondisi filter bahan bakarnya.
  4. Cek karburator, Karburator berfungsi untuk mensuplay bahan bakar ke ruang pembakaran, jika suplay bahan bakar tidak lancar maka tidak ada pembakaran, itu berarti mobil tidak bisa di hidupkan. Misalkan masalah yang sering di sebabkan karburator adalah suplay bahan bakar terlalu banyak, sehingga bahan bakar membasahi busi. Jika busi basah karena bahan bakar maka busi tidak bisa menghasilkan api. untuk mengatasinya, anda buka semua busi dan keringkan. kemudian buka karburator, atur kemiringan pelampung agar tidak terlalu miring.
Jika empat bagian suplay bahan bakar di atas sudah di cek dan tidak ada masalah maka anda cek pada kondisi pengapian berikut :

B. Cek kondisi pengapian.
  1. Cek Aki atau Accu, masih ada strum atau sudah habis, jika strum aki sudah habis, bisa anda atasi dengan mendorong mobil, atau anda coba dengan langsung menghubungkan kabel positif ke dinamo starter.
  2. Cek Alternator. Alternator adalah dinamo yang menghasilkan listrik untuk mengisi atau mencharger aki mobil. Jika alternator mati maka mobil hanya hidup melalui api yang di hasilkan dari aliran listrik aki. Jika strum aki habis maka mobil juga akan mati. adapun cara mengecek alternator mati atau rusak dengan cara hidupkan mobil kemudian lepaskan semua kabel positif di aki, jika mobil masih hidup berarti alternator masih menghasilkan listrik, tetapi jika mobil mati maka alternator sudah tidak menghasilkan listrik lagi. Untuk mengatasi alternator mati, anda bisa ganti komponen di dalamnya atau ganti dengan alternator yang baru.
  3. Cek platina atau CDI, Platina dan CDI fungsinya untuk mengatur waktu pembakaran, jika tidak ada api yang keluar dari platina maka mobil tidak akan hidup. untuk itu anda ganti dengan platina baru atau CDI baru. atau...
  4. Cek Koil, jika koil tidak mengeluarkan api maka platina juga tidak akan memercikan api. cara mencek api koil, lepaskan kabel di kepala delco yang terhubung dengan koil, arahkan ujung kabel yang di lepaskan tadi ke body mobil atau ke body mesin, kemudian coba di starter. Jika tidak ada api yang keluar maka cek kabel, apakah kotor atau tidak. atau anda ganti dengan kabel baru. jika masih tidak keluar api dari koil, ada kemungkinan koilnya sudah harus di ganti.
  5. Cek busi, Jika semua komponen di atas baik-baik saja maka anda cek kondisi busi, apakah masih hidup atau tidak. caranya lepas busi dari mesin kemudian pasang kabel busi, kemudian coba di starter, jika busi mengeuarkan api maka busi masih hidup, jika tidak maka busi harus di ganti.
Jika lima komponen untuk mengecek kondisi pengapian di atas sudah anda lakukan dan ternyata masih bekerja dengan normal. maka ada kemungkinan ada yang salah pada pengaturan timing belt atau kamrat yang ada pada mesin mobil. kondisi ini jika anda sebelumnya sudah pernah membuka mesin atau menurunkan mesin sendiri. tetapi jika sebelumnya belum pernah buka mesin dan sebelumnya masih berjalan lancar, kemudian tiba-tiba mobil tidak mau hidup, ada baiknya anda cek ulang kedua kondisi di atas. Sekian ilmu otomotif yang admin getect ketahui, semoga artikel "sebab dan cara mengatasi mobil mati" dapat bermanfaat buat semuanya. jika ada yang kurang jelas bisa berkomentar di form komentar di bawah ini.
Terima kasih telah mampir dan membaca artikel Sebab dan cara mengatasi mobil mati dengan URL http://www.gaptect.com/2013/01/sebab-dan-cara-mengatasi-mobil-mati.html ,Jika artikelnya menarik, silahkan disebarkan, asalkan tidak merugikan blog gaptect. Pahamkan maksud saya..?

-------------------------Please Share and Your Comment For This Article-------------------------
Don't Click

36 comments:

  1. trims tipsnya sobat, persiapan kalo udah punya mobil hihi...

    ReplyDelete
  2. Wah wah, nih info yg sangat bermanfaat nih, meski pun belum punya mobil, hehe, izin bookmark ya, siapa tau dipake suatu saat.... Thanks Mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. silahkan sob... thank's kunjungannya

      Delete
  3. yg ane punya sih mobil2an gan.. wkwkwk :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Klo mobil mainan, lebih mudah ngatasinya jika mati, cukup ganti batrai. wkwkwk

      Delete
  4. terima kasih banyak kak, masalahnya saya baru ngalamin mogok gara alternatornya rusak

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah klo alternator rusak...berarti cuma mengharapkan aki aja dong.. oya saya juga ada posting membahas tentang alternator rusak...

      Delete
  5. tanya nih gan ! kalau mobil di starter hidup tapi hanya beberapa detik mati lagi..begitu terus gan...kira2 apa membrannya yaa gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. sudah cek membrannya, seperti cara di atas..? jika rusak ya di ganti aja. tetapi jika masalah suply bahan bakar bukan hanya membran, coba cek filternya, setelan karbu mulai dari pelampung dan setelan angin. juga kondisi busi coba di cek seperti cara di atas... atau coba cek koil jika panas yang berlebihan maka ada yang gak beres dengan koil... sementara cek aja dulu filter bahan bakar mungkin kotor...

      Delete
    2. Halo gan,

      Mobil saya kalau pagi hari di starter tidak mau nyala,ini hari kedua. Saya sudah cek AKI nya tertera tegangan 10 volt. (Mobil saya ceria tahun 2002)

      Kemarin saya coba2 terus akhirnya nyala....sampai sore saya mati hidupkan masih OK.

      Tapi saat ini saya sudah coba2 masih mati juga.

      Mohon sarannya gan,
      trims
      Edhi

      Delete
    3. sekarang matinya karena aki gak ngangkat karena soak atau karena mesinnya gak nyala2...
      klo liat akinya 10 volt (jika bener 10 volt) tu aki sudah soak. klo cuma mesinnya gak nyala2, coba buka businya basah apa gak... klo basah, cek basah karena bahan bakar apa karena oli... klo karena bahan bakar, coba setting suplay bahan bakarnya, jika karena oli, wah harus turun setengah mesinnya... Tapi ada baiknya cek satu persatu dulu seperti yang saya beritahu di atas, hingga pasti sumber masalahnya...

      Delete
  6. Nanya mas..mesin gak nyala hbs diganti timing belt...trus apakah vacum karbu berhubungan dengan pengapian...hijet 1000

    ReplyDelete
    Replies
    1. setting ulang timing beltnya... jika memang sudah tepat, coba cek seperti yang ada pada artikel di atas. kenapa koq anda bisa menduga vacumnya penyebab masalah...??

      Delete
  7. mau nanya mas..Mesin hijet gak nyala hbs ganti timing belt...trus vacum platina gak nyedot berpengaruh gak ya mas...

    ReplyDelete
    Replies
    1. klo habis ganti timing belt, harus di cek posisi top. jadi pada saat pemasangan timing belt bisa saja terjadi selisih satu gigi, sehingga api tidak tepat. klo masalah vacum memang ada pengaruh, tapi klo tidak nyala sama sekali, kemungkinan besar ada di timing belt yang salah gigi.

      Coba cek di bagian roda timing belt, posisikan top (ada tanda panah arahkan lurus dengan tanda yang ada pada penutup timing belt), lalu posisikan piston 1 berada paling atas, kondisi ini bisa berhasil jika sebelumnya anda memang tidak melepas delco. jika tidak maka setting posisi delco di rotor 1. silahkan di tanyakan lagi jika belum bisa di fahami

      Delete
  8. bos mau nanya klu mobil xenia timing belt'nya putus terus d ganti yg baru posisi nok atas dan bawah gmn yg warna biru dan kuning

    ReplyDelete
    Replies
    1. pastikan posisikan as blok searah (lurus) dengan posisi as nok.. bisa di coba warna kuning di atas dulu.. jika tidak nyala ganti dengan posisi merah yang di atas...

      Delete
  9. Gan boleh tanya ya.. ini mobil saya carnival tahun 2000 ini saya check kondisi aki masi bagus, altenator masih bagus ,starter juga oke harusnya krn habis servis tapi stiap pagi saya nyalakan nggak mau langsung "jreng" nyala.. tp cm suara stater"keek.. keek... keek.." dr yang pertama2 masih kuat sampe melemah.. itu knapa ya. kadang saya kira karena dinamo starternya ampe saya garansiin berkali2 n setelah d bersihin lg bisa sih memank.. dan dia bilang starter masih bagus. cm lama2 kumat lg.
    mohon infonya =)

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba cek kabel ke dinamo staternya mungkin kurang arus listriknya..akibat kabel sudah muali aus..

      coba cari kabel dengan kawat besar (kabel starter mobil), lalu kabel min dan plus nya langsung dari aki... karena biasanya kabel min terkadang cuma numpang body, nah sekarang kabel min nya langsung ke dinamo starter aja... min tu posisinya di body dinamo, dan plusnya ada di bagian yang tertutup dengan karet..

      di coba deh...semoga membantu

      Delete
  10. mau tanya donk bro untuk mobil city z tahun 2000, kmrn ini tiba2 mogok pas jalan tiba2 di gas gak mau dan ndet2 sbtr lalu mati..
    dinyalakan gak bisa pdhl aki msh ngangkat, saya coba tunggu 10 menit akhirny mw nyala dan saya gas2 trs...

    lalu saya ganti filter bensin dan kuras tangki karena sudah lama jg ga dibersihin..

    selang 1 bulan mobil saya mati lg sperti ini dan akhirnya coil nya dicek tak keluarin percikan api dan pas diganti sudah bisa, busi jg saya ganti karena sudah 1 tahun, dan injector nya jg dibersihkan ...

    saya coba jalan lg sampai malam msh bisa...
    tapi pas td pagi pas saya stater ga mw langsung nyala jd ky stater bunyi kek kek kek sampai 5 detik baru nyala...tp ga brp lama mobil saya brebet lsg mati lg... saya tunggu lg 5 menit nyala tapi ga berani saya jalankan dl takut mogok lagi krena saya kudu kerja...

    kira2 ada masalah nya dimana ya bro?

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya masih baru menduga nih...
      pas mogok tiba2 di jalan, lalu di tunggu 10 menit hidup, bisa jadi coil minta di ganti.. coba cek panas coil berlebihan apa gak...

      tapi klo dah ganti coil, liat kepala busi, basah apa gak, klo basah,cek basahnya karena Bahan bakar atau oli... walaupun busi di ganti tetapi ada yang basah di busi, maka kasusnya akan tetap sama, hidup paling cuma sebentar... tetapi klo businya kering aja..
      ...maka cek kabel dari delco ke busi.. jika perlu ganti aja semua dengan yang baru... kemungkinan apinya ada yang tidak mengatar arus dengan sempurna...

      Delete
    2. hmm coil waktu kmrn mogok memang tidak keluarin percikan api d badan mobil pas dites, tapi ud diganti langsung krena uda lama jg..busi jg langsung saya ganti, montir jg blg kemungkinan kabel yg ada d skitar dalam coil ke busi itu sih..
      kira2 brp ya harganya kabel itu? kabel delco yg ada 4 itu kan ya yg masuk ke busi?

      Delete
    3. ya benar ada 4 kabel yang ke busi.. tapi coba di tes aja dulu... caranya lepas busi dari mesin, hubungkan kabel dari delco ke busi, usahakan kepala busi tersentuh body mesin, lalu coba di starter. Bisa langsung di tes ke empat kabel dan businya bersamaan. liat kondisi percikan api di kepala busi saat di starter, mana api yang tidak keluar apinya atau kecil apinya, kemudian di roling (di pindah) busi ke kabel yang lain untuk menguji, api tidak keluar (atau api kecil),apakah disebabkan busi yang sudah mulai aus atau kabel... dengan begitu jika memang kabelnya maka anda cukup ganti kabel yang tidak mengeluarkan api saja yang di ganti, tidak perlu ke-4 nya. tetapi jika ke-4 nya memang tidak mengeluarkan api maka terpaksa ganti ke-4 nya...

      untuk harga saya kurang tau.. kayaknya berkisaran 100 ribuan... saya pernah beli tapi lupa hehehe.. maaf ya...

      Delete
    4. oya tambahan lagi coba bersihkan 4 elemen yang ada dalam kepala delco, sebagai penghubung ke kabel yang menuju ke busi, ada kemungkinan kotor, sehingga api tidak sempurna di induksi ke kabel. untuk membersihkannya bisa menggunakan amplas halus....

      Delete
  11. nimbrung dikit bos..
    Kijang super saya setelah ganti belting (putus) besok pagi nya gak bisa starter di cek nyala batre indikasinya bagus.. Tapi setelah di dorong/digoyang dikit maju mundur langsung bisa start.. Kejadiannya berulang sampai berkali kali.. Tapi seminggu ini gak lagi kira2 masalahnya apa..? Mungkinkah pertanda arang dinamo starter sudah minta di ganti..? Tks

    ReplyDelete
    Replies
    1. info yang agan berikan masih umum..
      gak bisa di starter itu gimana..?

      apa karena akki soak... atau dinamo starter gak bereaksi saat di starter...atau dinamo starter berputar tapi mesin gak hidup2.. ?

      dugaan saya mungkin dinamo starter tidak beraksi ya, saat di starter... ada 2 kemungkinan klo gitu...

      1. kabel min dan plus dari aki tidak terinduksi dengan baik sampai ke dinamo... sehingga arusnya di terima kurang untuk mengangkat dinamo, sehingga berbunyi ktek...ktek.. ktek.. saat di starter.

      2. bendik (gear dinamo) sudah aus. sehingga tidak menyentuh dengan roda gila di mesin. tapi jika hal ini terjadi biasanya ada suara desisan bunyi perputaran dinamo...

      3. dinamo mati, di sebabkan bisa karena arang habis, bisa karena gulungan kawat konslet atau putus...

      Delete
  12. bang sy mau tanya cara menyetel TOP toyota soluna

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah kurang tau... belum pernah liat soluna.. tapi klo buka bagian timing belt biasanya ada tanda panah ke atas atau ke bawah... coba di bolak balik aja... maaf

      Delete
  13. boss mbl ane honda city Z, jika posisi mesin dingin ( agak dingin ) bisa distarter, tapi jika posisi panas ga bisa distarter kayak batre lemah. jadi harus nunggu mesin dingin aja baru bisa hidup. mhn petunjuk boss

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba cek koilnya, mungkin sudah minta ganti...

      Delete
  14. Mau tanya. Mobil saya kijang grand. Pagi hari mau dihidupkan, tiba-tiba tidak ada reaksi apapun (mati total, stater, lampu, klakson, semua tidak nyala). aki di cek normal. kejadian ini baru sekali ini saja. kira-kira apanya.? trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. koq bisa tau kalau aki normal, klo mati total, jika tidak karena aki yang soak, atau ada kabel yang putus di dashbord atau ada sekring yang terbakar... tapi cek aja dulu kondisi aki benar" normal atau sudah soak

      Delete
  15. Pak numpang tanya mobil saya panther hi sporty 99,lg jalan tiba2 mogok,sampe skrg gabisa nyala mesinnya,didorong juga gamau nyala,kira2 apa masalahnya ya?apa masuk angin?kondisi solar setengah tangki

    ReplyDelete
    Replies
    1. semua mobil itu sama system kerjanya, yang penting antara bahan bakar dan api bertemu dalam mesin. jadi cek saja mulai dari sistem pengapian, pada bagian busi, jika tidak menyala maka ganti busi, atau cek kabel penghubung sampai ke delco. begitu juga bahan bakar, apakah minyak tersalurkan sampai dalam mesin, lepas selang minyak, dan lihat apakah ada minyak yang mengalir atau tidak. Intinya usahakan api dan minyak bertemu dalam mesin. Telusuri dari kedua bagian tersebut.

      Delete

PERHATIAN
Tidak usah berkomentar ya.. capek membalasnya..

DMCA.com Submit Bing

Link Partner


FreeDownload |Zachflazz, Blog motivasi | A Than Javarif | Blognya Agus Setya Fakhruddin, mas agus | Catatan kecilku, mba indah | Blogs Of Hariyanto |