Saturday, March 30, 2013

Cara menghapus dan menambah partisi hardisk tanpa aplikasi


بِسْــــــــــــــــمِ ﷲِ


partisi hardisk

Sebelum saya bahas tentang cara menghapus dan menambah partisi hardisk tanpa aplikasi, ada baiknya kita pahami dulu apa itu partisi hardisk ? Partisi hardisk adalah pembagian kapasitas yang ada dalam sebuah hardisk. Nah hardisk adalah sebuah media penyimpanan tetap yang ada dalam sebuah komputer, contoh umumnya adala memory card, flash disk. Adapun yang kita bahas adalah media penyimpanan yang ada dalam sebuah CPU atau penyimpanan yang ada dalam sebuah laptop, yang bernama hardisk. Pada dasanya sebuah komputer hanya memiliki satu hardisk, tetapi yang terlihat di dalam windows explorer hardisk terbagi menjadi lebih dari satu. Seperti pada gambar berikut ini.

windows explorer
gambar windows explorer yang menampilkan partisi hardisk yang terbagi menjadi 3 yaitu drive C, G dan H
Kegunaan dengan membagi hardisk adalah untuk memisahkan berkas sesuai dengan kategori berkas, sehingga mempermudah pencarian berkas yang di simpan.

Adapun cara menghapus ataupun menambah partisi hardisk bisa menggunakan software yang bernama partision magic atau tanpa menggunakan software dengan cara sebagai berikut :
  1. Buka control panel.
  2. Di dalam control panel buka administratif tool.
  3. Di dalam administratif tool pilih Computer management.
  4. Di dalam  Computer management, pilih Disk Management yang ada dalam storage. seperti pada gambar berikut ini :
    Computer management
5. Kemudian pilih drive yang mau di hapus atau yang mau di partisi. seperti pada gambar berikut ini :
cara membagi atau menghapus partisi

Kemudian klik kanan pada partisi yang di inginkan, seperti pada gambar di atas. Karena di sini hanya membahas menghapus atau menambah partisi maka yang kita pilih adalah salah satu dari 3 opsi yang ada pada gambar, yaitu :
A. Shrink Volume, opsi ini untuk memotong partisi yang di pilih, apabila di klik maka anda akan di minta untuk memasukkan jumlah kapasitas memory yang mau di bagi atau di potong. seperti pada gambar di bawah ini.
membagi kapasitas memory

B. Format, Opsi ini untuk memformat atau menghapus total semua yang ada dalam drive atau partisi yang dipilih.
C. Delete Volume, Opsi ini untuk menghapus partisi, sehingga bukan hanya isinya tetapi drivenya juga akan di hapus.

Jika anda berkeinginan untuk mengurangi partisi maka pilih opsi delete volume. Tetapi jika ingin menambah jumlah partisi maka pilih opsi Shrink Volume.

Silahkan di praktekkan jangan kawatir akan rusak, karena cara ini aman dari kerusakkan. Jadi jika terjadi kesalahan pilihan maka tidak akan merusak system anda. Untuk di ketahui partisi atau drive C yang berisikan system tidak bisa untuk di format atau pun di delete. Hanya bisa di bagi, sehingga system komputer anda tetap aman.
Terima kasih telah mampir dan membaca artikel Cara menghapus dan menambah partisi hardisk tanpa aplikasi dengan URL http://www.gaptect.com/2013/03/cara-menghapus-dan-menambah-partisi.html ,Jika artikelnya menarik, silahkan disebarkan, asalkan tidak merugikan blog gaptect. Pahamkan maksud saya..?

-------------------------Please Share and Your Comment For This Article-------------------------
Don't Click

35 comments:

  1. wahh, kalo soal tekno begini, saya mesti pelan2 membacanya, Mas pay.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gak usah di baca kang... kalau belum ada perlunya... makanya bang aji rhoma melarang kalau begadang yang tidak ada perlunya... *ngomong apa ya..

      Delete
  2. pingin nyoba tapi masih takut gagal sob. kalau PC yg rusak, wah ga kebayang deh. tapi pasti ada waktu untuk mencoba tricknya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. dijamin Gak rusak asalkan gak di injak

      Delete
  3. Bagi pemula terkadang memang takut menggunakan cara ini dan banyak menggunakan software seperti easus dan partition magic yang justru membahayakan komputer. Thanks tips nya Pak!

    ReplyDelete
  4. setelah itu muncul kalimat "windows cannot format the system partition on this disk" karena memang tidak ada flashdisk yang dimasukkan mungkin.
    bagaimana cara mengatasi hal ini??

    ReplyDelete
  5. setelah saya lakukan cara di atas kemudian muncul "windows tidak bisa memformat disk", karna memang tidak ada disk yang saya masukkan mungkin.
    bagaimana cara mengatasi ini? mohon bantuannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. oo.. kalau yang anda lakukan untuk drive c atau drive tempat system berada, maka tidak boleh di format, makanya ada peringatan "windows tidak bisa memformat disk". tapi kalau untuk memotong drive c memang bisa, setelah di potong sisany bisa di format tapi tidak berlaku format untuk drive C

      Delete
    2. Boss.. pas klik kanan keluar gini:

      Open
      Explore
      Change Drive Letter and Paths...
      Format....
      delet Logical Drive
      Properties
      Help

      Saya mau bagi D ke C. Maklum baru kenal namanya komputer hehehe.
      Kita pakai win xp boss.
      mohon bantuanya
      Terimakasih.

      Delete
    3. klo D di bagi bisa dgn memilih shrink volume, tapi klo di gabung ke C gak bisa..karena C tempat system. maaf blum jelas maksud dr pertanyaannya...

      Delete
  6. om, saya udah potong c mau jd D. kok warnanya item bukan ijo ya? kalo dibalikn lg bisa ga? soalnya cm ada new simpl volume. klo di next ada ket : there is not enough space available on the disk (s) to complete operation... mohon bantuanya

    ReplyDelete
  7. @ Riyadhy Lohjinawi
    Saya kemaren juga pernh ngalamin hal yg sama. solusinya pilih delete volume. setelah selesai baru pilih new simple volume. maka keterangan "there is not enough space" tidak akan muncul kembali.

    ReplyDelete
  8. um apa ga ada cra nmbah c ga pakek app..?

    ReplyDelete
  9. oi gmn caranya mengngembalikan data Dnya??

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau mengembalikan data yang di hapus gak bisa pak... tapi klo mengembalikan partisinya bisa, pakai cara di atas...

      Delete
  10. masih ada VIRUSnya OM aku ke data D ke C lagi ada lgi ada T_T

    ReplyDelete
    Replies
    1. klo partisi memang tidak bisa menghilangkan virus pak...

      Delete
  11. maaf gan, saya kemarin itu buat partisipasi baru menggunakan software AMOI,
    sekarang saya delete tu partisipasinya, tapi tetep nggk bisa..
    ada cara gk gan??

    ReplyDelete
    Replies
    1. delete pakai cara yang di atas.. gak usah pakai software... bahkan flashdisk yang gak bisa di format bisa menggunakan cara di atas...

      Delete
  12. Cara menghapus yg udah di partipasi gimana?
    Unlocketed

    ReplyDelete
  13. Maaf Broth.... Cara Ini Untuk Windows XP atau .......... Khsus Win 7, Vista dan Win 8

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebenarnya pasilitas partisi di setiap versi windows, makanya di akali pihak programer untuk membuat program yang lebih familier

      Delete
  14. Sore pak
    Begini Saya ada hardisk External sebesar 1TERA,,sudah saya partisi menjadi 3 volume G,H,I
    masing-masing 5, 10, 10,masih bayk sisa yg belum di partisi kan,,,nah yg saya tanyakan untuk menambah Volume tersebut misal vo;lume G ssaya mau tambah mejadi 10,,itu gimana caranya?

    ReplyDelete
  15. Pak saya punya HD Ext. 1 tera,,dh sy partisi jd 3,xyz nah gmn caranya sy mau nambah volume dri masing2 partisi tersebut,,misal dari 5gb mjd 10gb
    terimakasih

    ReplyDelete
  16. gan kalau mau hapus partisi yang 100mb sama yang C gimana?soalnya mau saya hapus waktu diproses instalasi windows 7 gak bisa di klik.

    ReplyDelete
    Replies
    1. klo di hapus sama C gak bisa.. karena itu letak sistem berada

      Delete
  17. Terima kasih kang, udah saya coba praktekin, hasilnya mantap :)

    ReplyDelete
  18. mas saya pilih delte volume, lalu file nya pada hilang. tpi used space ny terisi sbsar 21gb itu gmna ia mas biar file nya kembali lagi

    ReplyDelete
    Replies
    1. aduuuh.. klo di delet dah abis.. coba tanya mastah yang laen

      Delete
  19. Mas, mw tanya ini, hardisk sy udah di shring volume, trs mau di new simple volume, tp nggak bis, disitu tertulis sudah mencapai maksimum, trs mau sy delete, nggak ada fasilitas delete volume, tu gmn???
    akhirnya ada 50gb yang nggk bs terpakai, tu hrs diapakan mas,
    thanks...

    ReplyDelete
    Replies
    1. di format aja , atau ikuti lagi cara di atas

      Delete
    2. klo gtu hilang smw dong mas,
      sdah sy ikuti smw dr awal sampe akhir...

      Delete
    3. pertama jika memilih opsi shring volume, berarti anda ingin memotong area yang dipilih... maka masukkan kapasitas yang kurang dari kapasitas sebenarnya, misalkan kapasitas 50 GB, maka shring volume di bawah 50GB, contohnya 20GB. maka disk yang 50GB anda akan terbagi menjadi 30GB dan 20 GB.

      Sedangkan jika delete di lakukan di drive C maka memang tidak bisa, karena itu tempat sistem, bisa di bagi tapi tidak bisa di delete dan di format... jadi mungkin anda salah dalam memasukkan nilai di shink volume....

      Delete

PERHATIAN
Tidak usah berkomentar ya.. capek membalasnya..

DMCA.com Submit Bing

Link Partner


FreeDownload |Zachflazz, Blog motivasi | A Than Javarif | Blognya Agus Setya Fakhruddin, mas agus | Catatan kecilku, mba indah | Blogs Of Hariyanto |